Rabu, 01 Agustus 2012

Makan Seafood Hilangkan Bau Mulut

Jakarta, Pernahkah Anda merasa risih berada dekat-dekat dengan orang yang punya nafas bau tapi sungkan untuk menegurnya? Kali ini peneliti menawarkan cara yang lebih halus dan sopan untuk menegur bahkan memberi solusi untuk si mulut bau. Coba tawari makanan seafood lebih banyak. Sebelumnya peneliti Jepang pernah mengatakan bahwa yogurt bisa menghilangkan bau mulut asalkan dari jenis plain yogurt. Gula alami yang terbentuk pada pada yogurt jenis tersebut bisa menghilangkan komponen sulfur pemicu bau mulut.

Kini, ada satu makanan tambahan yang bisa dikonsumsi jika tak ingin punya mulut bau, yaitu seafood. Rahasia penghilang bau mulut bukan terletak pada seafood-nya, tapi pada kandungan omega 3 dalam seafood. Jadi konsumsi apapun yang mengandung omega 3 pun sebenarnya bisa menghilangkan bau mulut.

Omega 3 banyak terdapat pada ikan laut, terutama salmon dan tuna. Selain itu omega 3 juga banyak terkandung dalam buah kacang kenari. Berdasarkan hasil percobaan, asam lemak omega 3 diketahui bisa menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus, Candida albicans dan Porphyromonas ginigivalis penyebab nafas bau.

Dalam studinya, peneliti mencoba enam jenis asam lemak, yaitu EPA, DHA, ALA, ALAEE, EPAEE dan DHAEE. Keenam jenis asam lemak itu kemudian dicobakan pada berbagai jenis konsentrasi (1-10 mikrogram/mililiter) untuk menghilangkan bau mulut.

Dan hasilnya, seperti dikutip dari Glamour, Senin (22/2/2010), asam lemak omega 3 (EPA, DHA) menunjukkan penghambatan mikroorganisme paling besar diantara asam lemak lainnya, yaitu mencapai lebih dari 50 persen.

Penemuan ini tidak main-main karena peneliti sudah mebuktikannya dan hasil studi pun sudah dimuat dalam Journal Molecular Oral Microbiology. Peneliti percaya bahwa asam lemak omega 3 yang banyak terdapat pada makanan seafood bisa menghilangkan bau mulut lebih baik daripada makanan apapun.

Omega 3 dalam dosis rendah sekalipun akan mempunyai efek menghilangkan bau mulut dan mengurangi jumlah bakteri patogen penyebab bau mulut. Jika terus dikembangkan, studi ini bisa menghasilkan suatu produk berbahan dasar seafood yang bisa dikonsmsi kapan pun dan dimana pun, contohnya permen karet seafood.

Jadi selain permen mint dan yogurt, makan seafood juga bisa menghilangkan bau mulut tanpa perlu menyikat gigi. Tapi tentu saja hal ini tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak menyikat gigi.

Tak ada yang lebih baik dalam membunuh bakteri selain menyikat gigi 2 kali sehari pada pagi dan malam hari. Konsumsi banyak sayur dan buah juga bisa memicu produksi air liur sehingga menetralkan suasana asam di mulut penyebab nafas bau.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates