Rabu, 18 Juli 2012

AWAS! LASER HIJAU LEBIH AMPUH DIBANDINGIN LASER MERAH!

Dampak dari efek sinar laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) itu kalo gak dikenain ke mata dalam waktu yang lama, gak bakalan mengganggu kesehatan, tapi bisa mengganggu daya konsentrasi kita banget. Pas terkena laser, tubuh gak bakal merasakan sakit dan mata tetep bisa melihat. Tapi, karna warna laser yang menyilaukan pastinya orang yang terkena bakalan ngerasa gak nyaman. Apalagi kalo warna lasernya hijau.

Warna laser hijau ternyata lebih ampuh ngerusak konsentrasi dibandingin laser merah. Soalnya, laser merah menggunakan panjang gelombang 635 nm atau 650 nm. Sedangkan laser hijau panjang gelombangnya cuma 495-532 nm. Makanya, di jarak kisaran segitu warna laser hijau keliatan 50 kali lebih terang dibandingin laser warna merah.

Nah, karna kekuatan sinar dipengaruhi sama panjang gelombang itu, laser hijau banyak digunakan oleh militer untuk operasi tempur di siang hari. Bintik hijau bisa menjangkau jarak yang lebih jauh, sekaligus terlihat lebih jelas meski dalam kondisi cahaya yang terang benderang. Belum lagi, laser lainnya yang bisa menempuh jarak jauh adalah laser yang pastinya memiliki daya watt tinggi.

Laser hijau atau laser merah yang biasa dipake pada mainan atau pointer buat presentasi, kebanyakan dayanya di bawah 5 mili watt. Dengan daya sekecil itu, laser cuma akan merusak jika ditembakkan langsung ke mata dalam jangka waktu yang lama. Nah, masalahnya kalo gelombangnya pake daya di atas 1 watt, kekuatan laser hijau bisa mencapai 1.000 kali kekuatan radiasi sinar matahari. Kekuatan laser hijau pada daya sebesar itu, bisa membakar plastik dan kertas kalo ditembakkan dari jarak dekat. Wuiiihh…

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Senjata laser militer tuh lebih mematikan drone lagi terbang bisa jatuh njing .lasernya Rheinmetall tuh baru pada lari terkencang kencing

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates